Jumat, 29 Oktober 2010

Go Go Power Ranger

Well hari ini gue mau ngebahas tentang Power Ranger. Ngaku siapa yang gak tau Power Ranger?! Yang gak tau siapa itu Power Ranger, mereka adalah sekelompok manusia super jagoan neon yang dilimpahi senjata-senjata keren, robot-robot canggih dan tentu saja seragam dinas yang superr ketat dengan warna sebagai pembeda mana si ini mana si itu. Well, maybe pembahasan kali ini agak melenceng dari yang biasanya gue post, tapi gak apa lah ya, kebetulan gue lagi kangen berat sama mereka.

Dimulai dari tahun 1993. Ternyata Power Ranger ini adalah termasuk usaha frenchies (selama bertahun-tahun, banyaknya jenis Power Ranger yang ada ternyata karena mereka adalah usaha FRENCHISE! ya, cukup mencengangkan karena gue baru tau SEKARANG, disaat gue sedang berusaha untuk mem-post tentang si Power Ranger ini) Pertama mereka disebut dengan "Mighty Morphing Power Ranger"

Tapi kalian mesti tau, kalo ternyata Power Ranger tidak berasal dari Amerika, mereka itu aslinya dari Jepang (teteup...) dan karena Amerika suka, akhirnya mereka kerjasama dan jadilah Power Ranger booming banget-bangetan pada jamannya dan kita pun menyukai mereka layaknya band melayu total yang banyak penggemarnya.

Masih inget kan, dulu tuh banyak banget mainan Power Ranger dari yang orginal sampe abal? thanks god gue punya semuanya. Ya, SEMUANYA. Gue adalah anak yang beruntung dengan memiliki ayah yang bekerja di bidang ekspor impor barang, jadi gak susah buat bokap gue untuk dapetin mainan-mainan super keren itu.

Back to topic, sekarang gue mau ngebahas jenis-jenis dari Power Ranger itu sendiri. Karena kalian tau snediri kan, kalo Power Ranger itu jenisnya banyak banget, laksana beranak-pinak.

Yang pertama adalah, yang telah kita sebut tadi, "Mighty Morphing Power Ranger"

Nah, si Power Ranger pertama yang diluncurkan di Fox Kids Network ini pada awalnya banyak diketawain orang-orang karena banyak efek yang cemen banget (kayak sinetron dubbing di Indosiar. Remember that dragon, and fly snake, and all that stuff?) dan juga jalan ceritanya yang kacangan banget. Cuma yang namanya anak kecil kan gak ngerti juga ya sama efek dan jalan cerita, yang mereka tau cuma POWER RANGER ITU KEREN BANGET. Ya sutra lah mekong, Power Ranger tetep aja booming, dan menjadi film anak-anak terlaris di abad 20.

The Mighty Morphing Power Ranger dibagi menjadi 3 season:

Season 1

Inilah Power Ranger paling jebot. Dengan seragam dinas yang standar, baju laksana pelangi, senjata yang biasa aja dan lain-lain. Disini kita pasti masih inget lah ya nama-nama karakternya, Tomy sebagai ranger merah dan Kimberly sebagai ranger pink. Yang lain? well, gue masa bodo. Habis mereka enggak semenonjol Tomy dan kimberly. Dan masih inget Zordon dan Alfa?


Season 2


Di season ini, kita bakal ngeliat si Tomy berubah wujud jadi Ranger putih. Pangkatnya jadi lebih kerenan dikit. Dan 3 Ranger yang terdahulu diganti dengan wajah-wajah baru yang lebih fresh.

Season 3

Nah kalo yang ini, Power Ranger bakal berubah dan mendapat kekuatan ninja. Dan kelar lah "The Mighty Murphing Power Ranger!!!!

Sekarang kita mulai lagi dengan Power Ranger baru, Power Ranger Zeo:

 Naaah ini lanjutan dari power ranger pertama, dimana mereka udah berubah jadi Power Ranger Zeo, power ranger yang punya kekuatan ninja maha dahsyat.

Selanjutnya, Powe Ranger Turbo:
Nah, disini lo bakal liat perbedaan yang kontras banget. Si Ranger Merah yang tadinya berkulit putih, sekarang berkulit hitam, Ranger kuning dan ranger pink pun berubah posisi, ranger pink diperankan orang asia dan ranger kuning diperankan oleh orang amrik. DAAAN yang paling kontras adalah adanya si Justin, ranger biru yang masih anak kecil. Cuma anehnya, kalo udah berubah jadi power ranger, pasti badannya ikutan jadi gede, Gak tau kenapa.

dan selanjutnya, Power Ranger in Space:

Nah, disini Power Ranger jadi lebih keren gitu. Ceritanya pun udah gak kacangan kayak dulu, jadi buat Power Rnger in Space ini, cuma da satu cerita, mereka punya misi nyyelametin Zordon yang diculik (padahal zordon kan cuma asep gitu, bikin lagi juga gampang) Dan menurut gue, season yang ini adalah season palingg keren dari Power Ranger. Robotnya aja keren-keren.

Dan gue punya mainan dari 2 robot ini! cuma sekarang udah ilang :'(
Nah, selanjutnya lagi, Power Ranger Lost Galaxy:
Kalo season yang ini sih gak beda jauh sama In Space, cuma dari segi cerita dan efeknya, lebih mateng dan lebih kece. Kalo gue bilang, dari segi kostum, mulai lebih ke Jepang.

Selanjutnya, Power Ranger Light Speed:
Laser beamnya kece banget ye? HA HA HA
Dan Power Ranger pun mengalami masa peralihan, Power Ranger Time Force:

Nah, kalo disini agak beda nih. Yang mimpin bukan ranger merah lagi, tapi ranger pink! YA! PINK! Sepertinya emansipasi wanita merasuki Power Ranger juga. Wanita juga bisa memimpin! Mgeawati aja bisa jadi presiden! YEAH! 

Kalo di season yanng ini, ceritanya jadi lebih kayak buat orang tua gitu, lebih dewasa. Sempet banyak kritik tapi tetep aja, Power Ranger Time Force tetep laku dan anak kecil tetep suka.


hampir terakhir adalah Power Ranger Wild Force:
Gak banyak catetan dari season ini, tapi banyak yang bilang kalo season ini juga termasuk bagus dan jalan ceritanya keren. Cuma yang gue gak suka (mungkin ini tuntutan dari judul juga kali ya) seragam dinas si para ranger ini jadi kayak, yah, hewan, begitu. Dan agak kurang enak aja, pahlawan pembasmi kejahatan, tp di helm seragam dinasnya ada kuping kayak punya hello kitty. Kan jadi gak gahar.


Next, Power Ranger Ninja Storm:
Kalo yang ini, mereka kayak kembali ke masa cemennya mereka gitu. Berante di gundukan pasir, terus kalo penjahatnya kalah pasti meledak terus si para rangernya dengan sangat sok cool kulkas balik badan, membelakangi si penjahat yang mau meledak dan kemudian DDDUUUAAARRR!!! meledak lah tuh si penjahat. Dan para ranger? laganya kayak koboi menang perang, sambil bawa senapan laserr mereka.

Ini adalah adegan yang tadi gue jelasin. See?
Dan sebelum terakhir, Power Ranger Dino Thunder:


Nah, keanehan di season ini adalah ranger yang hanya 3 orang. Merah, biru, dan kuning. Kemana yang lain? mungkin seragam dinasnya sudah kekecilan. Dan yang mencengangkan adalah kembalinya si Tommy dari "Mighty Morphing Power Ranger yang notabene adalah ranger merah pada saat itu. Nah, di season ini dia tampil sebagai ranger hitam. Pakai hitam ,siapa takut.

Dan yang terakhir adalah.... POWER RANGER S.P.D:

Power Ranger S.P.D yang kepanjangannya Space Patrol Delta ini adalah Power Ranger yang paling paling paling modern! Ceritanya mereka gak kerja sendiri, jadi ada sebuah institusi gitu, nah mereka nih jagoannya. Keren deh, dulu ada di Indosiar tapi sekarang udah enggak lagi.

TUH!KEREN KAAAAAN??!!
Nah, segitu deh sejarah Power Ranger. Panjang ye? tapi semoga informatif dan menghibur. CIAOOO!!!

6 komentar:

  1. FYI : pada mighty morphin power rangers (1993) yang berperan utama dalam ranger merah itu adalah Jason. ingat JASON! bukanlah si Tommy ;)

    http://images3.wikia.nocookie.net/__cb20100216200335/powerrangers/images/f/f4/Jason.jpg

    Tommy sendiri berperan sebagai ranger pembantu, awalnya sih ranger hijau yang gagal. terus setelah akan dibuat the movienya baru deh dia bermutasi jadi ranger putih yang notabene sebagai pemimpin juga dalam peperangan melawan monster2 jelek kaya si Rita ama Lord Zedd..
    cheers

    BalasHapus
  2. benar tuh rangers hijau sebenarnya sich Tommy. bukan sih Jason,Jason itu rangers merah.!!!

    BalasHapus
  3. Gan tolong diupdate lagi donk!!!!!
    kan ada ada serial power ranger yg baru lagi kaya RPM ama Mystic Ranger...

    BalasHapus
  4. bener..ranger merahnya itu jason..tommy ranger hijau..

    BalasHapus
  5. kabarnya pemain ranger kuning (Trinity) sdh meninggal ya gan...

    BalasHapus
  6. Lightspeed rescue, megazordnya dan efek"nya lebih keren gan.

    BalasHapus