Rabu, 13 April 2011

Well We Need Money Even It Can't Buy Happiness

"Money can't buy anything" dan ya, gue percaya akan hal itu. Uang gak bisa beli semua yang gue butuh kayak kegembiraan, kesehatan, cinta, dan lain-lain.Uang enggak bisa beli keuarga gue, sahabat gue, cowok gue, dan semua yang bisa gue dapet tulus dari hati. Tapi walau pun begitu, gue pun harus jujur kalo gue bisa lemah karena uang. Enggak gue aja sih, semua orang juga kayaknya begitu. Disaat uang bener-bener jadi penentu hidup kita, disaat benda dari kertas itu harus jadi penentu apakah kita bisa hidup tenang, hidup sejahtera dan hidup tanpa ada beban.

Di posisi gue mungkin agak sulit. Dimana gue adalah anak pertama, yang belom pernah kerja sama sekali dan sudah masuk semester 4 di kuliah gue. Gue harus pinter bagi waktu agar nilai gue gak turun, karena gue pun bisa kuliah karena adanya schoolarship, dan mau gak mau gue harus mempertahankan IP gue di atas 3. Tapi gue juga gak bisa nguras waktu gue cuma buat belajar, karena gue udah mulai butuh yang namanya uang. Ya, uang. Lagi-lagi benda kertas itu yang bikin tidur gue gak nyenyak, hidup gue jadi lumayan enggak tenang, dan lain-lain.

Dan kalo boleh jujur, uang bulanan yang selalu gue dapet dari tante sama bokap gue itu enggak cukup sebenernya. Bisa dibayangkan di jaman kayak gini, gue harus bisa bertahan dengan 400 ribu per bulannya (dan itu termasuk uang ongkos gue dan jika dihitung, uang jajan gue itu kurang dari 200 ribu per bulan).

Anak kuliahan yang udah mulai masuk semester 4, makin banyak tugas dan udah pasti ngeluarin uang yang enggak sedikit buat menyelesaikan assignment yang dikasih dosen, membuat gue harus mengelus dada gue makin kenceng karena gue haarus bisa membagi uang jajan gue dengan tugas-tugas itu. Demi lulus, demi jaga nama keluarga, ya apa boleh buat kan?

Gak bisa dipungkiri juga kalo guemasih pingin jalan-jalan, hang out, main sama temen-temen gue, sekedar ngelepas stres sama tugas-tugas kampus yang numpuknya enggak kira-kira. Then i have to play some trick and cheat on my money. Gue gak tau gimana caranya sampe gue masih bisa jalan sama temen-temen gue tanpa beban dan bisa survive sampe di akhir bulan(tentu dengan mengais-ngais tanah sebelumnya)

Kalo main itung-itungan, hidup se bulan dengan uang kurang dari 200 ribu di jaman seperti ini sepertinya 9atau malah sudah pasti) enggak cukup. Entah apa yang gue lakukan sampe gue masih bisa survive sampai di bulan berikutnya dengan uang yang se ala kadarnya itu. So pathetic, i know.

Dipikir-pikir, gue kayaknya gak bisa kayak gini deh, Gue gak bisa ngandelin uang jajan buat menuhin semua kebutuhan gue, dari ngurus tugas (yang mana itu aja udah bisa nguras hampir seluruh uang jajan gue), makan, belom keperluan yang tiba-tiba dan mendadak, terus uang yang harus gue tabung buat rencana kayak mau pergi ke jogja lah, ke bali lah, ke karimun jaawa lah, mau nonton Paramore lah, kayaknya kalo diitung-itung, semuanya gak bakal bisa kejadian deh. Buat nabung aja tuh gak bisa, karena uang yang ada aja udah nge pas, nah apa yang ditabung coba?

Buat ngerong-rong ke orang tua minta uang kayaknya bukan suatu ide yang baik karena, ya, uang bulanan gue aja sering banget dipotong sama bokap buat menuhin kebutuhan keluarga gue. Gimana cara gue minta ke orang tua? Gue jadi terbiasa nyari dan ngumpulin uang sendiri buat beli barang-barang atau hal-hal yang gue butuhin.

Gue memang harus berjuang sendirian. Gue harus cari kerja. Gue harus bisa menghasilkan uang. Gue gak bisa diem gini aja. DAN GUE YAKIN GUE BISA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar